5 (Lima) Buah-Buahan Penurun Hipertensi Paling Cepat

Dari tahun ke tahun semakin bertambah pula angka penderita penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) di negara Indonesia. Pada tahun 1995 jumlah penderita hipertensi hanyalah 5% dari jumlah populasi yang ada.

Tetapi pada tahun 2008 Badan Kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) kembali melakukan survei dan hasil yang mengejutkan menunjukkan bahwa penderita hipertensi mencapai angka 32% dari jumlah populasi yang ada pada tahun itu.

Jumlah penderita hipertensi yang ada di dunia ini telah mencapai angka satu milyar lebih dan bahkan para ahli kesehatan mengatakan bahwa penderita hipertensi memiliki risiko dua kali lipat lebih besar dapat menderita penyakit jantung koroner, apalagi jika si penderita juga menderita diabetes, kolesterol yang tinggi, dan juga dibarengi dengan kebiasaan merokok.

daftar free member

Biasanya orang-orang yang memiliki penyakit hipertensi, ia diharuskan mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter. Akan tetapi terdapat satu alternatif lain yang dapat digunakan untuk menurunkan hipertensi dengan cepat. Alternatif tersebut ialah berupa makanan buah-buahan,  berikut rangkuman 5 buah-buahan penurun hipertensi paling cepat yang ada :

1)  Buah Anggur

Buah yang memiliki 3 varian warna yaitu ungu, hijau dan merah yang kaya antioksidan dan vitamin C ini, terbukti cukup ampuh dalam menurunkan hipertensi. Bukan hanya kedua kandungan tersebut, buah ini juga mengandung pektin, asam folat, dan likopen yang dapat menyehatkan pembuluh darah serta dapat membantu membuang kolesterol jahat atau yang sering kita dengar dengan LDL (Low Density Lipoprotein) yang berada di pembuluh darah arteri.

2)  Buah Apel

Banyak sekali orang yang belum mengetahui bahwa buah berwarna merah dan hijau menggoda ini, dapat menurunkan hipertensi dengan cukup baik. Kandungan potasium yang ada di dalam buah ini dapat membantu mengontrol tekanan darah, sedangkan kandungan pektin dan serat dapat membantu mengikat kolesterol jahat dan racun yang ada di dalam darah. Selain itu, buah ini juga sangat mudah sekali dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun modern.

3)  Buah Aprikot

Buah yang satu ini memang sangat jarang ditemui di Indonesia. Akan tetapi manfaatnya juga cukup baik untuk menangani penyakit hipertensi. Kandungan serat pangan dan potasium yang cukup banyak dapat membantu tubuh dalam mengendalikan tekanan darah menjadi lebih baik.

4)  Buah Blewah

Buah ini sangat menjamur ketika bulan puasa tiba, karena memang di waktu tersebut sedang panen-panennya. Karena rasanya cukup segar menjadikannya laris di pasaran. Tetapi tidak hanya itu, buah ini juga banyak sekali mengandung potasium yaitu sama banyak dengan ketimun. Senyawa tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi tekanan darah.

5)  Buah Naga

Dan yang terakhir adalah buah naga, jenis buah ini sebenarnya tergolong baru. Pertama kali ditemukan di Mexico yaitu negara pada bagian Amerika Tengah. Akan tetapi, sekarang ini buah tersebut juga banyak sekali dibudidayakan di negara-negara Asia tidak terkecuali di Indonesia. Buah ini banyak sekali mengandung vitamin C, antioksidan berjenis flavonoid, dan magnesium yang berkhasiat untuk melenturkan pembuluh darah arteri sehingga membuatnya menjadi lebih rileks dan dapat membuat tekanan darah menjadi menurun. Pendapat tersebut juga diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran Bandung yang menyatakan bahwa buah tersebut dapat membantu penyembuhan penyakit hipertensi dengan cukup baik.

Demikianlah bahasan 5 buah-buahan penurun hipertensi paling cepat. Oleh karena itu, jika anda memiliki tekanan darah yang tidak normal khususnya tekanan darah tinggi, maka segeralah mengkonsumsi buah-buahan seperti yang telah kita bahas diatas.

(Visited 585 times, 1 visits today)

Silahkan Komentarnya Bebas dan Sopan..

          daftar free member